Sistem Siaran Jaringan Televisi di Indonesia: Persoalan dan Penerapannya

Selama lebih dari satu dekade sejak disahkan, penerapan amanat UU Penyiaran tahun 2002 masih menjadi problematika dalam demokratisasi penyiaran di Indonesia. Rangkaian peraturan pemerintah dan berbagai keputusan menteri Komunikasi dan Informatika turut berkontribusi dalam membuat perwujudan Sistem Siaran Jaringan (SSJ) sesuai amanat UU kian pelik. Berangkat dari konteks tersebut, SMRC melakukan sebuah riset tentang penerapan SSJ di tiga kota di Indonesia pada Mei 2015. Didukung dengan data atas realita di lapangan, tampak jelas berbagai dampak yang merugikan bagi masyarakat serta lembaga pendidikan komunikasi di Indonesia bila SSJ tidak sungguh-sungguh diperjuangkan.

 

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bekerja sama dengan Paramadina Graduate School ingin mengundang Bapak/Ibu untuk hadir dalam diskusi tentang “Sistem Siaran Jaringan Televisi di Indonesia: Persoalan dan Penerapannya” yang akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal         : Jum’at, 12 Juni 2015

Waktu                     : Pkl. 13.30 – 16.30 WIB

Tempat                   : Ruang Sevila Toledo, Pascasarjana Universitas Paramadina

                                  The Energy Tower Lt. 22, SCBD, Jakarta

 

Pembicara :

1)   Ade Armando (Direktur Komunikasi Strategis SMRC)

2)   Kalamullah Ramli (Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika [PPI] Kementerian Komunikasi dan Informatika RI)

3)   Azuan Syahril (Direktur Operasional NET.)

4)   Arief Suditomo (Anggota Komisi I DPR RI)*

 

Melalui acara ini, kami berharap masyarakat perguruan tinggi dan kelompok-kelompok masyarakat sipil serta media massa yang peduli pada demokratisasi penyiaran dapat pula membangun langkah  bersama untuk mendesakkan pelaksanaan SSJ pertelevisian di Indonesia.Karena arti penting penerapan SSJ untuk Indonesia, kesediaan Anda untuk hadir dan membicarakan upaya penegakan demokratisasi penyiaran ini tentu sangat menentukan.

Untuk konfirmasi dan keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi Levriana Yustriani (+62 856 9205 0663). Demikian undangan dari kami. Atas perhatian dan kerjasa sama Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.

*Dalam konfirmasi

Friday, 12 June 2015