Get to Knows:
Get to Knows:

Publications

PUBLIKASI :

Metodologi, Proses, dan Hasil Quick Count Pemilu 2019

24 April 2019

Pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif (pemilu) telah diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 17 April 2019. Kita menunggu hasil rekapitulasi KPU atas pemilu tersebut. 

Publik Tidak Percaya Kabar Bohong tentang Jokowi

17 March 2019

Jarak perolehan suara antara pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno dalam pertarungan pemilihan Presiden 2019-2024 semakin melebar hingga melampaui 25 persen. “Bila pemilihan presiden dilakukan pada pertengahan Maret ini, hampir pasti Jokowi-Mar’ruf terpilih sebagai pasangan presiden-wakil presiden,” ujar Djayadi Hanan, Direktur Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), pada Minggu, 17 Maret 2019, di Jakarta.

 

80 PERSEN WARGA PERCAYA KEMAMPUAN KPU DAN BAWASLU

10 March 2019

Hampir 80 persen rakyat Indonesia percaya pada kemampuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menjalankan amanat mereka pada Pileg dan Pilpres 2019. Hanya sekitar 11-12 persen yang kurang atau tidak yakin dengan kemampuan KPU dan Bawaslu, dan kecenderungan itu terlihat jauh lebih tinggi di kalangan pendukung Prabowo-Sandi dibandingkan pendukung Jokowi-Ma’ruf.

 

Survei SMRC: 60 Persen Warga Memilih Jokowi, Hampir 29 Persen Memilih Prabowo

08 October 2018

JAKARTA, 7 OKTOBER 2018

Peluang Presiden Jokowi untuk terpilih kembali dalam pemilihan Presiden 2019 semakin menguat. Jarak perolehan suara antara Jokowi dan Prabowo melebar. Dapat dikatakan, kecuali berlangsung hal luar biasa (terutama dalam soal ekonomi, penegakan hukum, dan keamanan), Jokowi berpeluang sangat besar terplih sebagai Presiden Indonesia pada 2019. 

SMRC: Mahfud MD dan Sri Mulyani Indrawati Konsisten Masuk 5 Besar Tokoh dari Penilaian Elite, Opinion Leader, dan Massa Pemilih Nasional

05 July 2018

Baik elite, opinion leader, maupun massa pemilih nasional berpendapat integritas adalah kualitas personal yang sangat penting dalam menilai tokoh yang bersaing dalam pemilihan presiden maupun pemilihan kepala daerah. Setelah itu secara berurutan adalah kapabilitas, empati, akseptabilitas, dan kontinuitas.