Get to Knows:
Get to Knows:

Publications

PUBLIKASI :

Pemilih KMP Tak Lagi Skeptis pada Jokowi

22 April 2016

Survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) akhir Maret 2016 menunjukkan bahwa posisi Jokowi sebagai pemimpin Indonesia. Survei di seluruh provinsi di Indonesia ini menunjukkan bahwa 72% warga menyatakan yakin atas kepemimpimpinan Jokowi. Angka ini merupakan pelonjakan signifikan dibandingkan survey serupa pada Desember 2015, di mana angkanya baru mencapai 63%.

Parpol dan Persepsi Publik

25 May 2015

Dimuat di Kompas, 11 April 2015

Secara teoretis, dari sudut pandang publik, partai politik adalah kanalisasi dari kepentingan masyarakat agar diperjuangkan menjadi kebijakan negara.

Kenapa Indonesia Sebaiknya Menolak Prabowo

08 July 2014

Masalahnya, Prabowo akan berjuang dan melakukan hal apapun untuk mengalahkan Jokowi. Dalam wawancara dengan harian The Straits Times (Juli, 2014), Prabowo menyatakan: “Losing is not an option”, yang kalau diterjemahkan berarti: “Saya tak akan menerima kemungkinan kalah.”

Siapa Capres Pro-Kepentingan Kelas Menengah?

29 June 2014

Soal kesenjangan dan eksklusi sosial ini adalah masalah serius. Masalah yang harus jadi perhatian kelas menengah juga. Sehingga penting bagi kita untuk mendapatkan pemimpin yang mendengar warga, bukan hanya ingin didengar; yang melibatkan dan mengajak, bukan hanya mengkomando; dan yang terbuka untuk dikritik.

Calon Ideal Pendamping Jokowi

02 April 2014

Ada dua aspek yang patut dipertimbangkan untuk menutupi kekurangan Jokowi. Pertama, orang itu harus mengerti ekonomi dan punya pengalaman bekerja dalam bidang ini. Kedua, orang itu harus bisa bergaul dan punya nama di dunia internasional. Inilah dua kekurangan Jokowi yang paling menonjol.