Get to Knows:
Get to Knows:

Publications

PUBLIKASI :

Kebebasan dan Ancaman Otoritarianisme

05 July 2019

Oleh: Luthfi Assyaukanie

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Jakarta

Demokrasi bukan hanya soal Pemilu dan pergantian kepemimpinan secara berkala. Pada tahap prosedural ini, demokrasi kita sudah beres dan mendapat banyak pujian. Yang menjadi masalah adalah aspek-aspek substansial yang terkait dengan perilaku politik masyarakat dan kebijakan atau aturan yang dibuat negara.

Komitmen Jokowi pada Kebebasan dan Hak Sipil

04 July 2019

Oleh: Ade Armando, Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC)

Survei SMRC pada akhir Mei sampai awal Juni 2019 lalu memberikan peringatan penting bagi pemerintah Jokowi. Survei nasional itu menunjukkan bahwa seraya publik puas dengan kondisi demokrasi di bawah pemerintahan Jokowi, terdapat pula peningkatan kekhawatiran akan komitmen pemerintah pada pemenuhan kebebasan dan hak sipil yang merupakan prasyarat demokrasi.

Evaluasi Publik 20 Tahun Demokrasi

04 July 2019

Oleh: Sirojudin Abbas, Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC)

Pemilih KMP Tak Lagi Skeptis pada Jokowi

22 April 2016

Survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) akhir Maret 2016 menunjukkan bahwa posisi Jokowi sebagai pemimpin Indonesia. Survei di seluruh provinsi di Indonesia ini menunjukkan bahwa 72% warga menyatakan yakin atas kepemimpimpinan Jokowi. Angka ini merupakan pelonjakan signifikan dibandingkan survey serupa pada Desember 2015, di mana angkanya baru mencapai 63%.

Parpol dan Persepsi Publik

25 May 2015

Dimuat di Kompas, 11 April 2015

Secara teoretis, dari sudut pandang publik, partai politik adalah kanalisasi dari kepentingan masyarakat agar diperjuangkan menjadi kebijakan negara.