Pemilih Nasdem Keluar dari Kecenderungan Puas pada Kinerja Jokowi

50

Pemilih Nasdem sudah keluar dari kecenderungan puas pada kinerja Jokowi sejak Oktober 2022. Demikian temuan survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Anies Naik, Nasdem Turun?” yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Kamis, 22 Desember 2022.

Video presentasi tersebut bisa disimak di sini: https://youtu.be/yBwxSrhTRPE

Hasil survei yang dipresentasikan Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, itu menunjukkan tingkat kepuasan publik pada kinerja presiden Jokowi pada Desember 2022 mencapai 74,2 persen. Sementara yang tidak puas mencapai 23,9 persen. Hanya 2 persen dari 74,2 persen yang puas dengan kinerja Jokowi memilih Nasdem. Sementara dari 23,9 persen yang tidak puas pada kinerja Jokowi, ada 5 persen yang memilih Nasdem.

Deni melanjutkan bahwa hingga Agustus 2022, Nasdem cukup konsisten mendapatkan dukungan lebih besar dari pemilih yang puas dengan kinerja Jokowi dibanding pemilih yang tidak puas. Namun sejak Oktober 2022, pola ini berubah. Massa pemilih yang tidak puas pada kinerja Jokowi mulai lebih besar secara proporsional dalam mendukung Nasdem dibanding pemilih yang puas.

Ini menunjukkan, kata Deni, pemilih Nasdem sudah keluar dari kecenderungan puas dengan kinerja Jokowi sejak Oktober 2022.

Namun demikian, Deni melihat Nasdem berada pada posisi yang tanggung: tidak oposisi tapi juga tidak mendukung penuh aspirasi Jokowi yang masih disukai banyak pemilih (kepuasan atas kinerja Jokowi mencapai 74,2% dalam survei Desember 2022).

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 3 – 11 Desember 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden.  Response rate sebesar 1029 atau 84 persen. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).

Baca laporan survei selengkapnya di sini.

Tinggalkan Komentar